Berpergian dengan kereta api aceh tempoe doeloe

Anda ingin bepergian dari Medan ke Banda Aceh? Dengan menaiki bus dalam waktu 10 jam anda dapat tiba di Banda Aceh dengan nyaman. Atau jika anda buru-buru dan mempunyai kocek yang tebal naik saja pesawat terbang, 45 menit sudah sampai di Bandara Sultan Iskandar Muda. Namun bagaimana orang tempo dulu, tahun 1930-an, bepergian dari Medan - Banda Aceh jika memakai transportasi kereta api?

Bila berangkat dari Medan dengan kereta api biasa pada pagi hari, kereta akan berjalan ke arah utara melalui tempat pengilangan minyak BPM (Bataafsche Petroleum Maatschappij) Pangkalan Berandan. Di perbatasan Aceh, yaitu di Besitang, jenis kereta api diganti dari kereta api DSM dengan kereta api Aceh Atjeh Tram yang mempunyai jalur lebih sempit dan gerbong lebih kecil. Perjalanan hingga Langsa melalui daerah-daerah perkebunan karet. Setelah itu menjadi pemandangan kampung-kampung dengan pohon-pohon kelapa dan pisang, rumpun bambu yang rimbun dan persawahan.

Di sepanjang perjalanan banyak dijumpai stasion-stasion kecil. Pada pukul 18.00 sore kereta api sampai di Lhokseumawe, selanjutnya keesokan harinya pada pukul 13.00 siang tiba di stasion Sigli. Di Padang Tiji kereta api berhenti selama + 10 menit untuk ganti lokomotif yang lebih kuat, sebab jalan mulai menanjak melalui batas air antara gunung Seulawah Agam dan gunung Seulawah Inong yaitu melewati krueng Empat Puluh Empat. Pukul 15.00 kereta api berangkat dari Seulimum melalui Indrapuri menuju Lambaro, di Lambaro kondektur kembali memeriksa karcis penumpang. Pada pukul 18.00 sore kereta api baru tiba di stasion Kutaradja. Jadi perjalanan dengan memakai kereta api untuk lintas Medan - Kutaradja memakan waktu selama 2 hari!

Pemberhentian terakhir Atjeh Tram melalui sebuah tanggal kecil yang berujung dekat jembatan kereta api yang terbentang di atas kuala, muara Krueng Aceh. Tempat itu berada dekat hutan Bakau. Kalau sekarang telah berdiri pertokoan Barata Department Store. Semoga saja perjalanan tempo dulu menyenangkan.

Comments

Popular Posts